5 Destinasi Wisata Populer dan Paling Indah di Pulau Lombok

Jalan-jalan ke Bali, rasanya tak lengkap jika tidak mampir ke pulau Lombok dan menikmati destinasi wisata yang ada disana. Pulau yang dikenal dengan keindahan pantainya ini terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, berbatasan dengan Bali di sebelah barat dan pulau Sumbawa di sebelah timur. Pulau Lombok juga disebut-sebut sebagai salah satu pulau terbesar di NTB dengan luas mencapai 5.435 km².

Daya tarik pulau lombok tidak hanya terletak di jajaran pantainya. Lombok juga memiliki gunung berapi yang menjulang tinggi, lautan berwarna biru, panorama sunrise dan sunset nan sungguh romantis, serta beragam tawaran kegiatan lain seperti surfing, diving, berselancar, memancing, dan sebagainya. Oleh karena itu, tak heran jika wisata pulau Lombok ini telah menjadi wisata skala Internasional yang banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara.

Destinasi Wisata di Pulau Lombok

Ada berbagai macam tempat wisata yang bisa kamu eksplore saat berkunjung ke pulau Lombok, diantaranya yang paling populer adalah:

1. Gunung Rinjani

gunung rinjani di pulau lombok
Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia, dan menjadi salah satu wisata primadona di pulau Lombok. Bagaimana tidak, panorama alam gunung Rinjani sungguh menakjubkan. Kamu juga bisa melihat berbagai macam flora dan fauna di setiap meter pendakian, seperti bunga endelweiss, landak, musa, monyet, dan masih banyak lainnya. Tak salah jika gunung ini disebut sebagai gunung terindah di Asia.

Di samping memiliki pemandangan yang mempesona, gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3,726 meter dpl ini juga dikenal sebagai lokasi pendakian yang cukup menantang. Suhu udaranya cukup dingin, yakni berkisar antara 10-20 derajat celcius. Biasanya, para pendaki disarankan untuk mengenakan jaket tebal dan harus ditemani oleh guide supaya tidak tersesat. Oiya pengunjung juga bisa melakukan aktivitas memancing di gunung rinjani, tepatnya di danau kawah yang disebut dengan Danau Segara Anak.

2. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah gili (pulau kecil) terbesar diantara 3 gili disekitarnya dan menjadi tempat wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan dosmetik maupun asing. Di pulau ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan wisata bahari yang mempesona. Tersedia juga fasilitas wisata lengkap seperti water sport, surfing, snorkellung, diving, dan masih banyak lainnya.

Keunikan lainnya, turis yang berkunjung disini dilarang menggunakan kendaraan bermotor oleh pemerintah daerah. Jika ingin berkeliling, mereka bisa menyewa sepeda Cidomo yaitu sejenis kereta kuda khas Lombok. Denganbegitu, dapat dipastikan udara disana tetap sejuk dan bebas polusi.

3. Pantai Senggigi

Terletak di pesisir barat pulau Lombok, pantai Senggigi menjadi salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan. Bila kita menyaksikan dari ketinggian, kita bisa melihat dengan jelas keindahan garis pantainya yang panjang dengan dihiasi gradiasi pasir yang memadukan warna hitam dan putih.

Pantai ini juga memiliki kejernihan air yang luar biasa hingga tampak warna kehijauan. Di samping itu, ombaknya yang tenang membuat para pengunjung semakin asik bermain-main di tepian pantai.  Kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang, berjemur, atau bersnorkelling untuk menikmati pemandangan alam bawah laut.

4. Pantai Kuta Lombok

indahnya pantai di pulau lombok
Tau nggak sih, ternyata pulau Lombok juga punya pantai Kuta lho! Pantai Kuta di Lombok ini memang masih jarang dijamah oleh para turis. Namun keindahan pemandangannya tak perlu diragukan lagi!

Pantai Kuta Lombok terletak di Desa Kuta. Wilayah pantai ini dikelilingi oleh perbukitan nan indah. Disini kamu bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang sangat bersih dengan dihiasi jajaran terumbu karang yang berwarna-warni. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan lain seperti berselancar, snorkelling, atau menikmati pemandangan sunset yang memikat hati.

5. Pantai Bangko-Bangko (Desert Point)

Desert Point atau yang biasa dikenal warga sekitar sebagai pantai Bangko-Bangko merupakan salah satu tujuan wisata favorit di pulau Lombok yang dikenal dengan keganasan ombaknya. Tak tanggung-tanggung, pantai ini masuk dalam daftar International Surfing Association sebagai salah satu dari 10 pantai dengan ombak terganas di dunia yang cocok untuk kegiatan surving.

Pantai Desert Point juga dikenal sebagai surga dunia karena keindahan alamnya yang mampu menghipnotis siapapun. Selain menikmati birunya air laut, pengunjung bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti snorkelling, berenang, memancing, berjemur, dan sebagainya.

Yuph, itulah beberapa destinasi wisata paling populer dan paling indah di pulau Lombok. Bagi kamu pecinta traveler, pastikan mengunjungi tempat-tempat diatas ya! Dijamin kamu bakal memperoleh pengalaman yang tak terlupakan. Happy Travelling!

0 Response to "5 Destinasi Wisata Populer dan Paling Indah di Pulau Lombok"

Posting Komentar