Lakukan pekerjaan yang kita cintai

cintailah pekerjaanmu
Seorang entrepreneur Bob Sadino mengatakan “kerjakanlah pekerjaan yang kamu senangi, jika tidak maka tinggalkanlah”. Banyak orang yang sukses dalam karir dan bisnisnya karena mereka memang benar-benar menyukai apa yang mereka lakukan.

Lihat saja beberapa kasus di bawah ini, Bill Gates rela meninggalkan bangku kuliahnya di bidang hukum, karena dia benar-benar mencintai komputer, namun apa yang terjadi walaupun kuliahnya tidak beres namun dia akhirnya berhasil dengan bidang yang dia cintai.

Di Indonesia ada banyak orang-orang yang berhasil karena mereka mencintai apa yang mereka lakukan. Perasaan cinta terhadap apa yang kita lakukan akan melahirkan suatu maha karya yang agung. Tidak percaya ? lihat saja bagaimana saking cintanya syeh jehan terhadap istrinya melahirkan sebuah karya yang agung yaitu Tajmahal.

Dalam kasus lain, kita bisa melihat bagaimana orang yang kasmaran selalu mampu melahirkan karya-karya puisi yang romantis. Bapak Cheppy Hakim dalam Kompasiana Gathering beberapa hari yang lalu pernah pula mengatakan bahwa ”orang yang hidupnya penuh dengan cobaan, penderitaan, dan ujian akan selalu melahirkan karya-karya monumental”.

Hal ini karena mereka sangat mencintai pekerjaan yang mereka lakukan sehingga mereka tergila-gila terhadap pekerjaan yang mereka lakukan, bahkan sampai-sampai mereka lupa makan, lupa segalanya karena mereka mencintai hal-hal yang mereka lakukan.

Lalu bagaimanakah kita dapat mengetahui hal apakah yang sangat kita sukai ? Kita bisa melihatnya dari hobi yang kita gemari. Dengan hobi itulah sebenarnya menunjukan kekuatan potensi diri kita, jika kita kembangkan hobi kita, maka kita tentu akan menjadi berhasil di bidangnya. Tidak percaya buktikan saja!

Bukankah jika kita melakukan hobi kita waktu pun menjadi tidak terasa walaupun berjam-jam kita melakukannya, namun apa yang terjadi jika kita melakukan hal yang tidak kita sukai, jangankan berjam-jam dalam beberapa menit saja kita pasti akan jenuh dan kesal untuk melakukannya.

Harta bukanlah hal yang utama dalam hidup ini, karena banyak orang yang bekerja dalam hidup ini tidak berdasarkan atas harta namun atas nama cinta. Lihatlah bagaimana sejarah selalu mencatat mereka yang selalu bekerja atas nama cinta bukan melulu harta. Lihat saja bagaimana Nabi Muhammad SAW bekerja atas nama cinta untuk umatnya, sampai-sampai diakhir hidupnya beliau sempat-sempatnya berkata ”Umati-umati” ”Umatku-umatku” begitu pula dengan Bunda Theresa selalu di kenang zaman karena dia bekerja atas nama cinta untuk sesama.

Lalu, sekarang apapun profesi kita saat ini, maka bekerjalah dengan penuh cinta di bidang apapun yang kita jalani, karena dengan begitu, lihatlah suatu saat kita akan mampu melahirkan banyak karya yang memberikan manfaat bagi kehidupan ini.


0 Response to "Lakukan pekerjaan yang kita cintai"

Posting Komentar