10 Tips Traveling Sendirian yang Aman Bagi Para Cewek

Tips Aman Wisata Sendirian Bagi Cewek
Pada umumnya, cewek enggan melakukan solo traveling atau jalan-jalan sendirian karena alasan keamanan. Memang sih, cewek lebih berisiko mengalami hal-hal negatif apabila melakukan traveling sendirian dibandingkan cowok. Biasanya sih, cewek rentan digoda dan dirayu oleh pria-pria di jalanan saat traveling sendirian. Selain itu, ditakutkan juga ada tindakan seperti perampokan atau pelecehan seksual.

Namun apabila kamu memiliki jiwa petualang sejati, jangan sampai ketakutan menjadi penghalang untuk bertraveling sendirian. Asalkan kamu punya kemauan dan tahu cara menjaga diri, maka dijamin travelingmu pun akan baik-baik saja.

Nah, bagi kalian para cewek pecinta jalan-jalan, berikut 10 tips aman solo traveling bagi kamu.


1.    Carilah informasi sedetail mungkin tentang tempat tujuan wisatamu

Sebagai seorang yang bepergian sendirian, maka wajib bagi kamu untuk mencari info sedetail mungkin terkait tujuan wisatamu. Mulai dari rute perjalanan, transportasi, penginapan, tempat makan, dan sebagainya. Jangan sampai kamu terlihat kebingungan, karena hal tersebut membuatmu mudah ditipu orang lain.

2.   Bawalah alat pelindung untuk berjaga-jaga terhadap hal buruk

Tidak ada salahnya berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan yang terjadi, termasuk kemungkinan terburuk. Kamu bisa membawa pisau lipat atau pepper spray untuk melindungi diri dari orang-orang jahat yang mungkin datang tiba-tiba. Dan jangan lupa, sebaiknya letakkan alat pelindung tersebut di tempat yang mudah dijangkau, agar kamu nggak kebingungan mencari saat membutuhkannya.

3.    Karena kamu cewek, sebaiknya hindari perjalanan di malam hari

Ada baiknya kamu menghindari perjalanan malam. Meskipun budget yang dibutuhkan lebih rendah, namun perjalanan di malam hari juga cukup berisiko. Sebaiknya, lakukan perjalanan di siang hari. Hal ini jauh lebih aman untuk kamu para cewek.

4.   Jangan biarkan high heels membatasi ruang gerakmu

Jika kamu memang pecinta high heels, dan ingin menggunakannya untuk bertraveling, itu sih sah-sah aja. Tapi jangan sampai high heels membatasi ruang gerakmu, terlebih lagi membuatmu celaka. Misalnya saja, kamu mau liburan ke gunung, tapi menggunakan high heels. Kan lucu? Mungkin ada baiknya jika kamu memakai flat shoes saja. Dengan begitu, kamu bisa lebih bebas.

5.    Pilihlah penginapan yang letaknya strategis

Saat kamu pergi sendirian, kamu nggak bisa minta tolong siapapun untuk menemanimu ke sana dan kemari. Mau nggak mau, kamu harus melakukannya sendirian.

Nah, untuk memudahkan liburanmu sebaiknya pilihlah penginapan yang letaknya strategis, yaitu penginapan yang dekat minimarket, tempat makan, dan mesin ATM. Dengan begitu kamu nggak perlu risau dan repot untuk jalan jauh saat mencari makan.

6.   Pastikan ponselmu selalu full baterai

Saat kamu pergi sendirian, maka ponsel menjadi salah satu penolong yang sangat penting. Misalnya, kamu perlu menghubungi seseorang dalam keadaan darurat, pesan tiket, cari makan, atau mencari lokasi lewat google map. Semuanya membutuhkan ponsel. Jadi, rajin-rajinlah mencharge ponsel saat di penginapan.

7.    Pilih penginapan khusus cewek

Jika ada dan memungkinkan, sebaiknya pilihlah penginapan atau drom khusus cewek agar lebih aman. Memang harga penginapan campuran cewek-cowok lebih murah. Tapi untuk berjaga-jaga, jika ada sebaiknya pilih penginapan khusus cewek.

8.   Catat nomor-nomor penting di ponselmu

Hal ini juga perlu diperhatikan, ketika kamu melakukan solo traveling sebaiknya catat nomor-nomor penting di ponselmu. Seperti nomor penginapanmu, nomor petugas keamanan di sana, dan sebagainya. Nomor-nomor tersebut mungkin akan berguna saat kamu mengalami kesulitan. Seperti dompet hilang atau ditipu orang lain.

9.    Hilangkan rasa takutmu dan jadilah pemberani

Jika semua persiapan dan hal-hal diatas sudah dilakukan, maka kamu juga wajib menghilangkan rasa takut yang menghantui pikiran. Cobalah menjadi wanita pemberani namun tetap bisa jaga diri. Selama kamu berhati-hati, kamu pasti bisa melakukan solo traveling dengan aman.

10.  Jangan lupa berdoa

Poin terakhir yang paling penting adalah jangan lupa membaca doa sebelum bertraveling. Mohonlah keselamatan dan kelancaran untuk perjalananmu. Jangan menganggap remeh sebuah doa, karena doa itu sangat berarti dan bisa melindungimu.

Well, itulah 10 tips solo traveling yang aman untuk cewek. Bagaimana, apa kamu sudah siap melakukan solo traveling? Ingat, yang terpenting adalah persiapan mental. Jika mentalmu sudah oke, maka kamu bisa menikmati traveling dengan enjoy.

0 Response to "10 Tips Traveling Sendirian yang Aman Bagi Para Cewek"

Posting Komentar