3 Strategi Dalam Membuat Iklan Kreatif

Dalam mengembangkan bisnis, strategi selalu memiliki peranan yang penting. Berjalan tanpa strategi yang tepat sama saja Anda menghambat usaha yang Anda jalankan. Salah satu strategi untuk mengembangkan usaha adalah dengan cara membuat iklan. Entah itu iseng ataupun professional, Anda harus benar-benar memikirkan cara membuat iklan yang benar dan efektif. Hal ini karena membuat iklan bukanlah perkara yang mudah. Sebaliknya dibutuhkan teknik yang matang untuk menghasilkan iklan yang efektif.

3 Strategi Agar Iklan Kreatif
Kata kunci dalam sebuah iklan adalah persuasi atau pengaruh. Pengaruh di sini bukan berarti memprovokasi namun memberikan penjelasan lebih yang membuat orang lain tergerak untuk melakukan sebuah tindakan. Dari sekian banyak jenis iklan, iklan media cetak disebut-sebut sebagai iklan yang memiliki kesulitan paling tinggi dalam proses pembuatan meskipun terkadang iklan media cetak terlihat sangat simpelatau sederhana.

Alasannya iklan media cetak menggunakan media yang sangat terbatas sehingga dibutuhkan kreativitas yang lebih dari maksimal untuk memperoleh iklan yang baik dan kreatif. Nah sebelum membuat iklan, Anda harus menentukan beberapa hal yaitu pesan, target audiens dan juga pengalaman. Headlines, isi iklan dan gambar-gambar pendukung yang akan digunakan harus disusun sebelum pembuatan iklan dimulai.

Ada tiga strategi yang bisa Anda ikuti untuk membuat iklan kreatif yaitu :


Strategi Desain Dasar

Langkah pertama, Anda harus membuat layout sesederhana mungkin dengan cara membuat satu titik fokus saja. Kemudian buatlah keseimbangan asimetris dalam iklan yang Anda buat. Analogikan sebuah papan jungkat-jungkit dimana kedua sisi harus sama. Lalu buatlah ukuran, bentuk, garis, topografi dan figure yang saling kontras. Hal ini berfungsi untuk menarik perhatian audiens ke dalam iklan Anda. dan yang teakhir buatlah tekanan melalui proporsi atau warna.

Strategi Desain Warna

Anda harus tahu bahwa warna hitam putih itu membosankan sehingga memainkan warna dalam pembuatan sebuah iklan akan lebih menarik. Permainan warna ini akan membantu audiens lebih fokus dalam iklan yang Anda buat. Gunakan warna untuk menciptakan emosi yang Anda inginkan. Padukan warna dan buat warna yang saling kontras.

Strategi Headline dan Isi Utama Desain

Dalam membuat iklan media cetak, Anda harus mengutamakan kemudahan audiens dalam membaca iklan yang Anda buat. Penampilan visual dapat Anda tambahkan nanti. Selain itu Anda harus menggunakan tipe tulisan yang benar dalam pembuatan iklan. Untuk bagian headline, harga dan nomor telepon Anda harus menggunakan tipe San Serif yaitu Arial dan Century Gothic. Sedangkan untuk isi utama desain Anda bisa menggunakan tipe tulisan serif yaitu Times New Roman, Courier, dan Bookman Old.

Untuk setiap tulisan Anda bisa menggunakan berbagai gaya sebagai berikut :


Italics memberikan kesan aksi dan cepat, huruf capital memberi kesan formal (khusus huruf capital jangan digunakan di isi utama dengan jenis font berukir), huruf kecil memberi kesan ramah. Bayangan akan memberikan kesan 3D dalam tulisan, huruf kurus atau script akan memberik kesan feminine, huruf tebal akan memberi kesan maskulin. Kemudian batasi penggunaan maksimal 3 atau 4 tipe font. Semoga berhasil dengan iklan kreatif Anda.

0 Response to "3 Strategi Dalam Membuat Iklan Kreatif"

Posting Komentar