Minat Iklan Berbayar di Facebook? Perhatikan Kiat-kiatnya

kiat memulai iklan berbayar di facebook
Facebook adalah salah satu platform media sosial yang populer di Indonesia. Hal ini memicu cukup banyak orang mengiklankan produk atau jasanya melalui Facebook. Namun Anda perlu tahu bahwa beriklan di Facebook bisa dilakukan secara gratis atau berbayar.


Jika biasanya kita lebih mengulas cara beriklan secara gratis maka kali ini kita akan membahas tentang kiat untuk iklan berbayar di Facebook. Anda berminat? Yuk perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memulai iklan berbayar Anda di Facebook:

Kiat memulai iklan berbayar Anda di Facebook

Tujuan yang Jelas

Sebelum mulai beriklan di facebook, Anda sebagai pemilik produk harus memiliki tujuan yang jelas. Jangan sampai iklan yang Anda buat tidak sesuai atau malah gagal meningkatkan performa penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Beberapa pilihan tujuan beriklan yang dapat Anda pilih adalah CPA (Cost Per Acquisition), CPF(Cost Per Fan) dan CTR (Clickthrough Rate). Ketiganya cukup sering dipilih oleh para pemilik usaha yang ingin beriklan di facebook. Sesuaikan saja kebutuhan dan tujuan Anda sebelum memastikan pilihan Anda. Sebagai contoh, salah satu toko online besar di Indonesia yaitu Berrybenka memilih menggunakan CPA untuk mencapai tujuan iklannya. Pihak Berrybenka ingin iklan yang mereka pilih bisa membawa pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

Pastikan Iklan Mengandung Pesan yang Kuat

Dalam setiap iklan, pastikan untuk menyisikan pesan yang kuat. Pesan ini akan membantu mempererat kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan. Beriklan di Facebook, berbeda dengan iklan pada media lainnya. Meskipun pengguna Facebook tidak meng-klik iklan yang Anda tautkan, bukan berarti mereka tidak melihat atau memperhatikan iklan Anda. Secara tidak langsung iklan Anda akan tersimpan dalam memori orang yang melihat iklan Anda. Poin inilah yang mengharuskan Anda menyertakan pesan yang kuat dalam sebuah iklan.

Ingat Target Pelanggan

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Salah satu keuntungan beriklan di Facebook adalah adanya potensi iklan Anda untuk menjangkau konsumen potensial. Agar tidak salah sasaran, tentu sebelum mulai beriklan di Facebook Anda harus memiliki gambaran rinci mengenai target pelanggan Anda. Mulai dari umur, background, hal-hal yang disukai, preferensi, kondisi geografis atau demografis dan lain sebagainya. Alasan utama kenapa rincian ini Anda butuhkan adalah agar usaha Anda untuk beriklan di Facebook tidak percuma. Ingat bahwa iklan yang sedang dibicarakan saat ini adalah iklan Facebook yang berbayar. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan terbuang sia-sia karena tidak adanya target pelanggan.

Jangan Terlalu Hemat dengan Materi Iklan

Jangan berhenti untuk memutar otak dalam membuat iklan. Dalam setiap kampanye, pastikan Anda memiliki materi iklan yang berbeda. Hal ini merujuk pada fakta bahwa setiap orang memiliki tanggapan atau respon yang berbeda terhadap sesuatu yang dilihatnya. Seandainya Anda memiliki beberapa tujuan dan target pasar, maka Anda harus mempersiapkan beberapa materi untuk setiap tujuan dan target pasar tersebut. Selain itu masih ada kemungkinan materi iklan Anda akan ditolak oleh pihak Facebook, maka untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda memiliki beberapa materi iklan.

Persiapkan Anggaran dan Jadwal

Dalam membangun sebuah usaha, uang adalah isu yang cukup sensitive. Sebesar apapun usaha yang Anda miliki, tetaplah ingat untuk membuat anggaran. Pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup dan biaya iklan di Facebook tidak membebani kondisi finansial usaha Anda. selain anggaran, pastikan juga Anda memiliki jadwal untuk iklan.

Tracking

Setelah sukses menayangkan iklan di Facebook, bukan berarti tugas Anda selesai. Anda sebagai pemilik usaha harus bergerak aktif seperti melacak, mengukur dan membandingkan hasil iklan dengan tujuan yang telah Anda tetapkan di awal.

0 Response to "Minat Iklan Berbayar di Facebook? Perhatikan Kiat-kiatnya"

Posting Komentar