Nikmati Kopi di Pagi Hari. Bikin Semangat dan Menyehatkan

Semangat pagi dengan secangkir kopi, nikmat dan menyehatkan
Menyeruput secangkir kopi di pagi hari tampaknya bukanlah sesuatu yang aneh lagi bagi masyarakat kita. Hampir sebagian besar orang selalu mengawali harinya dengan menikmati kopi (baik itu kopi hitam murni, ataupun jenis kopi campuran seperti cappucino, espresso, ataupun coffe late) untuk menyulut semangat di pagi hari sebelum memulai aktivitas yang panjang. Yuph, memang siapa sih yang bisa menolak godaan minuman legendaris ini di pagi hari? Aroma yang khas menyeruak mampu membangunkan mata kita yang masih ngantuk. Cita rasanya yang nikmat seakan menjadi  energi booster dan penyengar otak dalam seketika.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi kopi di pagi hari tidak hanya memberikan kenikmatan tersendiri bagi peminumnya. Ada banyak efek positif yang bisa kamu peroleh dari meminum kopi di pagi hari. Hanya saja, manfaat itu akan muncul bila kamu mengonsumsi kopi murni  tanpa campuran apapun, tanpa pemanis ataupun creamer. Sebab adanya zat tambahan berkalori tinggi (gula, pemanis buatan, susu, atau creamer) akan berefek buruk bagi kesehatan dan berpotensi menghilangkan manfaat kandungan kopi.

Manfaat mengonsumsi kopi di pagi hari

kopi sehat tanpa pemanis memberikan efek positif bagi kesehatan
Mengonsumsi kopi di pagi hari dengan porsi yang tepat tanpa tambahan pemanis atau susu bisa membantu membangkitkan stamina, menghilangkan rasa lelah, mengurangi despresi, dan memunculkan perasaan rileks. Pasalnya kopi (*red: kopi murni tanpa campuran) mengandung tinggi antioksidan yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, dikemukakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kopi setiap pagi memiliki risiko terkena penyakit jantung dan diabetes 11% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak meminum kopi. Hal ini dikarenakan kopi mampu menjaga kadar gula darah dalam keadaan normal.

Selain mengurangi risiko diabetes dan penyakit kopi, meminum kopi juga membantu seseorang terhindar dari penyakit stroke dan liver. Zat antioksidan yang terkandung dalam kopi mampu mencegah terjadinya penyakit kanker, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Jam berapa sih waktu terbaik untuk mengonsumsi kopi?

waktu terbaik minum kopi dapat meningkatkan stamina
Tahu nggak sih, ternyata ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk meminum kopi, yaitu pada pukul 10.00 – 11.00.

Mengapa demikian? Karena di pagi hari (sekitar pukul 08.00-09.00 pagi) jumlah hormon kortisol (hormon stress) dalam tubuh manusia meningkat. Artinya, tubuh masih berada dalam kondisi “on”, sehingga tidak memerlukan stimulan dari kafein untuk membangkitkan semangat. Jika kamu membiasakan mengonsumsi kopi setelah bangun tidur, hal ini justru merugikan karena dapat mempengaruhi keseimbangan hormon kortisol dalam tubuh dan membuat kecanduan.
   
Di sisi lain, pada pukul 10.00 - 11.00, produksi hormon kortisol dan kadar gula darah mulai menurun, menyebabkan tubuh menjadi lemas. Pada saat inilah kamu dianjurkan mengonsumsi secangkir kopi yang dapat membatu memberikan “tendangan” semangat dan energi ekstra agar otak menjadi lebih fresh.

Hal lain yang perlu diperhatikan, apabila kamu menderita penyakit maag maka jangan sekali-kali mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Pastikan kamu mengisi perutmu terlebih dahulu dengan makanan, sebab kopi yang dikonsumsi dalam perut kosong dapat membuat tubuh gemetar.

Terakhir, kamu juga perlu tahu bahwa kopi yang dikonsumsi terlalu sering justru membahayakan. Konsumsilah kopi secara bijak dengan cara sehat, maka manfaatnya bagi tubuh bisa kamu dapatkan secara maksimal.

Sumber: wolipop.detik.com

0 Response to "Nikmati Kopi di Pagi Hari. Bikin Semangat dan Menyehatkan"

Posting Komentar