Bagaimana memulai usaha warung kopi agar menguntungkan dan berhasil

Bagaimana memulai usaha warung kopi agar menguntungkan
Tak bisa dipungkiri, sejak memasuki era globalisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin meningkat drastis. Perekonomian dunia tidak hanya bertumpuh pada sumber daya alam, namun juga kreatifitas manusia-nya, termasuk dalam menciptakan peluang bisnis yang inovatif dan berdaya saing tinggi. Oleh sebab itu, tak heran jika sekarang ini banyak kalangan muda yang terjun ke dunia bisnis, dengan harapan bisa sukses dan meraup keuntungan tanpa perlu bergantung pada orang lain.

Warung kopi menjadi salah satu wirausaha yang lagi naik daun di berbagai negara, khususnya Indonesia. Kita dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat ngopi di pinggir jalan. Hampir disetiap waktu, kopi selalu dijadikan teman setia untuk “membunuh” kebosanan, penyemangat pagi, dan tak jarang untuk mengusir rasa kantuk.

Memang benar, perubahan zaman membuat anak muda jaman sekarang doyan banget nongkrong di kafe untuk sekedar menikmati sajian aneka kopi. Termasuk kaum urban yang super sibuk, mereka lebih senang membeli kopi siap minum daripada harus menyeduh sendiri. Tak masalah jika harus merogoh kocek agak dalam, asalkan bisa puas. Sehingga bukan hal aneh jika banyak orang yang tertarik membuka usaha warung kopi, mengingat jumlah pecinta kopi makin meningkat. So, siapa sih yang tidak tergiur?
tips sukses membuka usaha kedai kopi
                                                                via:kompas.com

Nah, untuk membuka usaha warung kopi ini sebenarnya gak susah lho. Modal yang dibutuhkan juga tak terlalu banyak, yang terpenting bagaimana kreatifitas kita dalam mengelola warung tersebut agar menarik konsumen. Namun tak boleh sembarangan juga! Ada beberapa hal penting yang wajib kamu perhatiin agar bisnismu bisa mendatangkan banyak keuntungan. Mulai dari lokasi bisnis, tata cara penyajian, fasilitas, hingga penawaran harga untuk pelanggan

Berikut 5 tips berbisnis warung kopi yang menguntungkan.

1. Lokasi warung strategis

Lokasi selalu menjadi point terpenting dalam menjalankan usaha bisnis warung. Bila anda memilih lokasi yang sepi, maka warung anda juga akan cenderung sepi peminat.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih lokasi yang strategis, di tempat-tempat keramaian publik. Misalnya di alun-alun, pasar, plaza, dekat kampus, dan sebagainya. Dengan begitu, warung anda bisa dilihat banyak orang dan hal ini merupakan peluang besar untuk menggaet pelanggan.

2. Jenis kopi dan kreatifitas penyajian

kreativitas agar kedai kopi ramai dikunjungi
via: okezone.com

Sebelum memutuskan membuka warung kopi, anda perlu meninjau atau melakukan survey kecil-kecilan mencari tahu jenis kopi yang sedang ngetrend dan digemari masyarakat. Selain itu, jangan lupa memperhatikan kualitas dari kopi tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara penyajian. Mengingat banyak sekali pesaing bisnis warung kopi, tentu anda juga perlu belajar cara penyajian yang unik. Bukan hanya sekedar menyeduh kopi dengan air panas, lalu menuangkannya ke cangkir. Penyajian kopi haruslah mengikuti perkembangan zaman. Misalnya saja dengan penambahan susu atau coklat.

3. Fasilitas dan konsep yang berbeda

Buatlah warung kopi anda agar terlihat berbeda dari yang lain. Ciptakan desain dan dekorasi yang lucu, antimainstream, serta nama warung yang unik. Sehingga warung anda akan jadi pusat perhatian masyarakat sekitar.

Tak lupa pula, sediakan fasilitas tambahan agar konsumen merasa betah saat berkunjung, contohnya saja dengan menambahkan fasilitas musik, wifi, ataupun tivi.

4. Sediakan menu tambahan

gorengan, kerupuk, soimay, kue-kue, makanan ringan, pelengkap usaha warkop
Tidak perlu menu yang terlalu ribet, cukup sediakan cemilan pendamping kopi. Misalnya gorengan, kerupuk, soimay, kue-kue, atau jenis makanan ringan lainnya.

5. Harga yang kompetitif

Apabila anda berhasil membuka warung kopi di lokasi yang strategis, dengan penyajian yang unik serta fasilitas tambahan, maka anda dapat menawarkan harga yang lebih mahal. Sehingga ada pun bisa dengan mudah meraup keuntungan.

Demikianlah sedikit tips berbisnis warung kopi agar menguntungkan. Semoga bermanfaat bagi anda yang hendak berniat membuka usaha warung kopi. Good Luck!\

Sumber: manfaatkopi.com

0 Response to "Bagaimana memulai usaha warung kopi agar menguntungkan dan berhasil"

Posting Komentar